DV RUN 2016

Nama : Jesica Yulanda

NIM : 1701304821

Jurusan : Hotel Management

Nama Kegiatan : DV RUN 2016

Tanggal Kegiatan : 4 Desember 2016

 

DV RUN adalah acara kegiatan yang diadakan oleh KMBD (Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana) BINUS University yang bertemakan “Unleash The Hero in You” yang diambil dengan harapan kita semua dapat membantu memperjuangkan hak-hak dasar anak Indonesia yang kurang beruntung terutama di bidang pendidikan dengan memberikan sumbangan berupa uang, buku dan peralatan penunjang proses mengajar lainnya kepada yayasan/organisasi yang bergerak untuk terwujudnya hak-hak dasar anak untuk bertahan hidup, bertumbuh kembang, memperoleh perlindungan dan berpartisipasi.

Kegiatan dimulai pada pukul 7.30 sampai dengan pukul 15.00, yang berlokasi di Pasar Seni Ancol. Pada kegiatan DV RUN tersebut juga tidak hanya untuk mahasiswa saja, akan tetapi dosen, pengurus dan masyarakat di luar BINUS pun dapat berpartisipasi dalam kegiatan lari ini. Total dari keseluruhan peserta yang ikut acaran lari ini sekitar 1200an dan pada acara tersebut juga mengundang beberapa tamu yaitu Anantavinnie dan Patricia Gouw. Kegiatan lari tersebut berjarak 5K di sekitaran jalan ancol.

Awal mulai kegiatan lari dimulai pada pukul 07.30 dimana para pelari sudah berkumpul di pasar seni sebagai start point larinya dan berakhir di finish point yang sama seperti start point nya. Pada beberapa jarak yang sudah ditentukan terdapat rintangan yang wajib untuk dilewati dan ada rest point untuk mendapatkan segelas air putih untuk diminum. Para pelari diwajibkan berlari mengikuti rute yang sudah di tentukan untuk menuju garis finish dan diusahakan untuk para pelari harus mencapai garis finish sebelum pukul 09.00. Ketika sampai di garis finish sudah berjajar anak-anak kecil yang memegang medali sebagai penghargaan sudah berpartisipasi dalam lari 5K DV RUN tersebut dan diberikan minuman vitamin penghilang lelah dan penambah stamina.

Disekitaran pasar seni tempat acara berlangsung sudah terisikan dengan berbagai stand-stand makanan dan minuman untuk dinikmati oleh para pelari. Setelah acara lari dilanjutkan dengan sesi istirahat dan sesi musik sebagai hiburan dan penyemangat setelah selesai lari. Pada akhir acara pun juga di adakan door prize kepada pelari yang beruntung memposting foto di instagram dan acara pun berakhir seiring hujan turun.

Dengan mengikuti acara DV RUN ini saya merasakan lelahnya berlari sejauh 5 km yang mungkin hanya jarak yang kecil bagi anak – anak jalanan yang menempuh lebih jauh dengan berjalan kaki. Lelah yang dirasakan mereka belum sebanding dengan apa yang saya rasakan ketika lari. Banyak sekali anak-anak jalanan di Indonesia yang memperjuangkan hidup mereka untuk mencari nafkah untuk kebutuhan sehari – harinya, dan jika ada lebih maka mereka kumpulkan untuk bisa bersekolah. Semoga saja dikemudian harinya, anak – anak jalanan yang berusaha untuk masa depannya mereka dapat bisa meraih impian mereka dan bisa menjadi sukses dan motivasi bagi semua orang, karena saya yakin motivasi mereka sangat besar untuk meraih impian mereka.

Saya pernah membantu beberapa anak jalanan yang tinggalnya di bawah kolong jembatan ataupun yang hanya tinggal di rumah kecil yang menurut saya kurang layak untuk ditinggali. Melihat seberapa semangatnya mereka ketika ingin menuntut ilmu, membuat saya menjadi termotivasi. Saya masih sangat bersyukur karena masih bisa menempu pendidikan sampai jenjang kuliah ini, dengan melihat anak – anak tersebut membuat saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah di berikan kepada saya dan diajarkan untuk dapat bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Saya berharap kedepannya masyarakat dan saya pun dapat membantu anak – anak jalanan untuk meraih impian mereka, untuk bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan untuk kebaikan mereka. Dengan memberikan bantuan berupa pendidikan, pakaian, kebutuhan sehari-hari dan lain-lain.

 

IMG_1798 IMG_1793 IMG_1790 Print

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *